Manfaat Strategis e-HRM PUPR Sebagai Solusi di Era Digital (2024)

Electronic Human Resource Management atau memiliki singkatan e-HRM PUPR adalah inovasi terbaru dalam sistem informasi Aparatur Sipil Negara (ASN) Kementerian PUPR. e-HRM merupakan hasil pengembangan dari Sistem Informasi Manajemen Kepegawaian (SIMKA) PUPR.

Dengan adanya e-HRM dari PUPR, sistem informasi kepegawaian pada Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat lebih efisien dan transparan. Sebab layanan ini memudahkan para pegawai untuk mengelola serta memantau data kepegawaian mereka.

Ini merupakan salah satu inovasi terbaru dari sistem informasi ASN yang dikembangkan oleh Biro Kepegawaian, Organisasi, dan Tata Laksana Sekjen Kementerian PUPR. Dengan website responsif yang dapat terakses multi platform, setiap ASN bisa mengaksesnya secara mudah.

Sistem ini terancang dengan menggunakan teknologi digital yang memanfaatkan website serta platform berbasis aplikasi. Oleh karena itu, pekerja bisa mengakses datanya kapan saja untuk melakukan berbagai kegiatan administrasi kepegawaian secara online.

Mengenal Manfaat Strategis e-HRM PUPR Sebagai Solusi Dalam Era Digital

Dalam e-HRM, terdapat berbagai fitur yang mempermudah para ASN dalam melaksanakan tugas-tugas administratif. Salah satu fitur utamanya yaitu fitur Input/Update data untuk melakukan registrasi serta mengedit data kepegawaian secara mandiri.

Berbagai datanya sudah terintegrasi dengan Biro Kepegawaian dan SIM-D serta berasal dari sistem Pendataan Ulang PNS (PUPNS). Hal ini memastikan keakuratan dan konsistensi data kepegawaian yang ada dalam sistem e-HRM PUPR.

Secara keseluruhan, sistem e-HRM dari PUPR membawa berbagai manfaat strategis dalam pengelolaan kepegawaian Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. Berikut ini rincian manfaat lengkapnya secara strategis.

1.­ Efisiensi Administrasi Kepegawaian

Sebagai sistem untuk mengelola informasi ASN, e-HRM PUPR memiliki manfaat signifikan dalam meningkatkan efisiensi administrasi kepegawaian Kementerian PUPR. Hal ini membuat para pegawai dapat dengan mudah mengelola data mereka secara mandiri.

Baik itu melakukan input atau update data, verifikasi data, hingga melakukan monitoring proses. Hal ini mengurangi ketergantungan pada pihak lain dalam proses administrasi dan mempercepat pengolahan data.

Selain itu, adanya fitur alert sistem juga membantu memberikan notifikasi online kepada para pegawai terkait informasi serta tindakan lanjutan. Sehingga, para ASN PUPR dapat mengoptimalkan waktu dan menghindari keterlambatan saat mengurus proses administrasi.

2. Transparansi dan Akuntabilitas

Selanjutnya, e-HRM PUPR juga efektif dalam membantu memperkuat transparansi serta akuntabilitas dalam manajemen kepegawaian Kementerian. Karena datanya telah terdokumentasi serta terintegrasi dengan baik, maka informasinya menjadi lebih jelas.

Kejelasan dan keakuratan informasi adalah aspek penting untuk memastikan transparansi serta akuntabilitas data. Selain itu, adanya fitur verifikasi memungkinkan para ASN untuk memverifikasi keakuratan data kepegawaian mereka sendiri.

Hal ini dapat meminimalisir kesalahan atau kekeliruan akibat human error. Melalui peningkatan transparansi dan akuntabilitas, maka para pegawai bisa mengakses dan melakukan verifikasi datanya sendiri.

3. Akses Mudah dan Terintegrasi

Salah satu manfaat strategis dari e-HRM PUPR adalah kemudahan akses melalui adanya integrasi data kepegawaian. Sehingga, para pegawai dapat dengan mudah mengakses sistem e-HRM melalui berbagai platform, termasuk website hingga aplikasi mobile.

Hal ini memungkinkan mereka untuk mengelola data kepegawaian mereka kapan saja dan di mana saja. ASN cukup melakukan registrasi untuk membuat akun, lalu melakukan login pada perangkat mobile maupun komputer atau laptop.

Selain itu karena datanya sudah terintegrasi Biro Kepegawaian dan SIM-D serta berasal dari PUPNS, maka informasinya terjamin konsisten serta akurat. Jadi, pegawai bisa mengakses informasi kepegawaian mereka tanpa harus melibatkan proses manual.

4. Lebih Hemat Biaya dan Waktu

Sebagaimana teknologi pada umumnya, implementasi sistem e-HRM PUPR juga memberi manfaat signifikan dalam hal efisiensi biaya serta waktu. Sebab melalui pemanfaatan teknologi digital, maka proses pengolahan data menjadi lebih cepat dan efisien.

Hal ini tentu dapat mengurangi biaya yang biasanya dikeluarkan untuk pemrosesan dan penyimpanan dokumen konvensional. Selain itu, para pegawai tidak perlu lagi mengeluarkan biaya transportasi atau waktu untuk pergi langsung ke kantor secara fisik.

Sebab pada proses manual, ASN harus datang langsung ke kantor untuk mengurus administrasi kepegawaian mereka. Melalui sistem berbasis teknologi ini, maka biaya serta waktu dapat secara lebih efektif untuk kegiatan lain yang lebih penting.

5. Peningkatan Produktivitas Pegawai

Karena waktu maupun biaya untuk mengurus administrasi kepegawaian secara manual bisa teralokasikan pada tugas lain, otomatis produktivitas pegawai dapat meningkat. Hal ini karena melalui e-HRM PUPR, ASN tidak perlu terganggu oleh proses administrasi yang rumit.

Sehingga mereka bisa lebih berfokus pada pekerjaan atau tugas-tugas inti yang butuh lebih banak fokus serta konsentrasi. Selain itu, pegawai juga bisa memperoleh lebih banyak waktu untuk mengembangkan kompetensi diri yang relevan dengan pekerjaan mereka.

Melalui peningkatan produktivitas serta kompetensi pekerja, maka produktivitas kerja Kementerian PUPR secara keseluruhan juga akan meningkat. Dengan demikian, target serta sasaran Kementerian juga bisa tercapai secara lebih efisien.

6. Keamanan dan Perlindungan Data

Selanjutnya, e-HRM PUPR sudah memiliki jaminan perlindungan keamanan, memastikan bahwa data kepegawaian yang disimpan dalam sistem terlindungi dengan baik. Melalui protokol keamanan ketat, maka potensi kebocoran datanya bisa diminimalisir.

Selain itu, akses ke akun pengguna dalam sistem ini juga diatur dengan sangat ketat. Otorisasi akses yang ketat memastikan bahwa hanya pengguna berizin yang dapat mengakses data kepegawaian, sehingga akses tidak sah dan pelanggaran privasi dapat dicegah secara efektif.

Kemudian dalam hal perlindungan data, e-HRM sudah dilengkapi mekanisme perlindungan privasi khusus. Artinya, informasi pribadi pegawai tidak bisa terakses oleh pihak tidak berwenang, meskipun itu merupakan sesama pegawai PUPR.

Selanjutnya, platform ini juga menawarkan fitur arsip digital yang memungkinkan dokumen kepegawaian tersimpan secara elektronik. Dokumen elektronik jelas lebih aman dibandingkan dokumen fisik, karena dapat terhindar dari risiko kehilangan atau kerusakan.

7. Peningkatan Kualitas Manajemen Pegawai

Terakhir, adanya e-HRM PUPR dapat membantu manajemen kepegawaian di Kementerian PUPR untuk mengambil kebijakan secara lebih baik. Sebab, sistem ini sudah menyediakan informasi terintegrasi yang terstruktur dengan baik.

Sehingga memungkinkan manajemen untuk melakukan analisis maupun evaluasi secara lebih komprehensif. Artinya, informasi kepegawaian yang diperoleh melalui e-HRM dapat digunakan sebagai dasar dalam pengambilan berbagai keputusan.

Seperti keputusan terkait pengembangan kebijakan kepegawaian, pengaturan sumber daya, atau pengembangan karir pegawai. Dengan meningkatnya kualitas manajemen pegawai, maka Kementerian dapat mengelola sistem kepegawaiannya secara lebih efektif.

Dalam era digital yang semakin berkembang ini, e-HRM adalah solusi yang efektif dan strategis untuk mengelola kepegawaian di lingkup Kementerian PUPR. Apalagi, berbagai fiturnya bisa diakses secara mudah karena sudah terintegrasi dalam berbagai sistem.

Dengan berbagai manfaat strategisnya, e-HRM dapat membantu meningkatkan efisiensi, transparansi, serta akuntabilitas manajemen kepegawaian PUPR. Sebagai alternatif, pegawai di luar lingkup Kementerian PUPR juga bisa menggunakan sistem HR online lainnya

Salah satunya yaitu Adrena, sistem HR berbasis cloud dengan fitur premium yang dapat menjadi solusi bagi perusahaan di berbagai sektor yang menyediakan aplikasi absensi online wajib untuk dicoba. Untuk memperoleh aplikasi kepegawaian yang tidak kalah andal dari e-HRM PUPR, hubungi tim kami sekarang juga.

Manfaat Strategis e-HRM PUPR Sebagai Solusi di Era Digital (2024)
Top Articles
World Of Warcraft Enacting Immediate Justice
Hiking Route Guide: Meadowdale Beach Park via Lund Gulch | 10Adventures
Mimissliza01
Rickrolling Link Generator
Louisville Kentucky Craigslist Cars And Trucks By Owner
Nizhoni Massage Gun
Enneagram Test Eclecticenergies Spotify
Butte County Court Oroville Ca
Morbus Castleman - Ursachen, Symptome & Behandlung
19 Dollar Fortnite Card Copypasta
Timeless - Complete Series Rewatch! / BLOGS | SCIFITVSHOWS
United Dual Complete Providers
Lucio Surf Code
B Corp: Definition, Advantages, Disadvantages, and Examples
Dangerous Cartoons Act - Backlash
Keanu Reeves cements his place in action genre with ‘John Wick: Chapter 4’
Warren P. on SoundBetter
Longfellow's Works - Evangeline
American Flat Track Season Resumes At Orange County Fair Speedway - FloRacing
Tyrone Unblocked Games Bitlife
Prey For The Devil Showtimes Near Amc Ford City 14
Stellaris Resolutions
Master Series Snap On Tool Box
Food Universe Near Me Circular
Unmhealth My Mysecurebill
Prisma Health Employee Login
Best Pizza Marlton
My Les Paul Forum
222 US Dollars to Euros - 222 USD to EUR Exchange Rate
Publishers Clearing House deceived consumers about their sweepstakes contests, FTC says
Used Fuel Tanks For Sale Craigslist
South Louisiana Community College Bookstore
Perfect Coffee Shop Recipe Cool Math Games
Walgreens Rufe Snow Hightower
Notifications & Circulars
Speedstepper
Kirby D. Anthoney Now
Joe Bartlett Wor Salary
Jennifer Brabson Cleek
Find your used roadbike, gravel Bike & MTB | buycycle UK
Fighting Darius by Nicole Riddley - GALATEA
1984 Argo JM16 GTP for sale by owner - Holland, MI - craigslist
Mathlanguage Artsrecommendationsskill Plansawards
Kinda Crazy Craft
Amazing Lash Bay Colony
Scott Deshields Wife
Used Cars For Sale in Pretoria | Quality Pre-Owned Cars | Citton Cars
Immortal Ink Waxahachie
Dragith Nurn Rs3
Evil Dead Rise Showtimes Near Regal Destiny Usa
German police arrest 25 suspects in plot to overthrow state – DW – 12/07/2022
Ticketmaster Lion King Chicago
Latest Posts
Article information

Author: Ms. Lucile Johns

Last Updated:

Views: 5718

Rating: 4 / 5 (61 voted)

Reviews: 92% of readers found this page helpful

Author information

Name: Ms. Lucile Johns

Birthday: 1999-11-16

Address: Suite 237 56046 Walsh Coves, West Enid, VT 46557

Phone: +59115435987187

Job: Education Supervisor

Hobby: Genealogy, Stone skipping, Skydiving, Nordic skating, Couponing, Coloring, Gardening

Introduction: My name is Ms. Lucile Johns, I am a successful, friendly, friendly, homely, adventurous, handsome, delightful person who loves writing and wants to share my knowledge and understanding with you.